Soft Selling Adalah?

Soft Selling Adalah
Dalam pengemasan pesan iklan dengan menggunakan soft selling adalah jenis komunikasi pemasaran/iklan yang bersifat membangun dan atau menjaga nama (image) sebuah program atau produk. Soft Selling dapat juga disebut dengan pendekatan penjualan tidak langsung.

Pendekatan Soft Selling ditemukan oleh Stanley Resor dan helem Lansdowne dari agensi J. Walter Thompson. Pendekatan ini lebih ditujuan pada pendekatan dengan emosi dari pada rasional. Pada tahun 1980 merupakan era yang disebut sebagai era creativity yang menggunakan soft selling sebagai dasar dari perkembangan era sekarang.

Sekalipun ciri dasar komunikasi pemasaran adalah pemasaran, tak selamanya penjualannya bersifat langsung (hard selling) namun bisa bersifat membangun citra produk secara asosiatif dengan bidang sosial (soft selling).

Bagi perencana efek, komunikasi pemasaran dengan pendekatan hard selling langsung, perencanaan efek menukik ke tahap keyakinan dan pembelian; namun untuk pesan yang dikemas dengan soft selling, rencana efeknya pertama-tama adalah membangun citra sehingga menimbulkan kesukaan dan pilihan, baru kemudian pembelian.

Contoh soft selling dalam personal branding bisa dibaca melalui artikel berjudul: Soft Selling Pada Personal Brand

Contoh soft selling adalah televisi berperan besar dalam meningkatkan brand image produk, brand awareness, dan meningkatkan penjualan produk di masa depan. Hal ini diperjelas dari uraian sebagai berikut:

“Processing refers to immdiate responses to elements of an advertisement that occur during exposure to that ad. Appropriate processing responses have to occur in order to establish or maintain communication effect,which are enduring responses associated with the brand image”

Berdasarkan pernyataan di atas menunjukan dengan adanya tayangan iklan di televisi khususnya dalam pesan yang bersifat soft selling akan menimbulkan tanggapan dari masyarakat, di mana tanggapan tersebut dapat berupa asosiasi merek dalam benaknya untuk menghasilkan citra merek yang baik dari produk yang ditawarkan.


Suka dengan tulisan saya? Saya akan memberitahu anda jika ada update selanjutnya. Silahkan berlangganan artikel dengan mengisi kolom dibawah ini dan kemudian cek email untuk verifikasi berlangganan, Gratis!!

Enter your email address:

No comments yet.

Tinggalkan Komentar

(required)

(required)