Psychological Capital: Psikologi Positif di Lingkungan Kerja

Psychological Capital: Psikologi Positif di Lingkungan Kerja
Pada awalnya psikologi hanya dipandang sebagai penanganan gangguan mental, walaupun sebenarnya ada cabang psikologi lainnya. Psikologi positif merupakan prespektif lain dari psikologi yang memandang manusia sebagai individu dengan potensi untuk berkembang, tampil produktif dan lebih bermakna.

Psychological Capital (PsyCap) merupakan pengembangan dari Positive Organizational Behavior (POB) , yaitu cara baru penerapan psikologi positif di lingkungan kerja untuk menemukan dan mengembangkan kemampuan seseorang dalam rangka meningkatkan prestasi kerja. Sebetulnya saya baru menemukan istilah ini saat menelusur ke Linkedin dan tertarik mengulasnya.

PsyCap berhubungan erat dengan berbagai aspek di lingkungan kerja. Tingginya PsyCap membuat naiknya tingkat kepuasan kerja, komitmen pada perusahaan, mengurangi stress, dan terciptanya kesejahteraan psikologis. PsyCap berfokus pada karakteristik individu yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan melalui kebijakan manajemen yang mendukung.

Mengutip dari globoforce.com, Profesor Fred Luthans mantan kepala American Psychological Association, mengidentifikasi PsyCap terdiri dari empat aspek yaitu:

Pertanyaannya, bagaimana kita bisa mempengaruhi keempat aspek tersebut dan membangun PsyCap pada organisasi perusahaan Anda? PsyCap hanya dapat ditingkatkan melalui iklim kerja yang mendukung.

Berikut adalah beberapa tips menciptakan PsyCap di organisasi perusahaan Anda:

Demikian ulasan singkat ini, semoga bermanfaat.


Suka dengan tulisan saya? Saya akan memberitahu anda jika ada update selanjutnya. Silahkan berlangganan artikel dengan mengisi kolom dibawah ini dan kemudian cek email untuk verifikasi berlangganan, Gratis!!

Enter your email address:


2 Komentar

Terimakasih untuk infonya dan untuk referensi seputar psikologi bisa kunjungi http://www.leppsi.gunadarma.ac.id
semoga bermanfaat

[Reply]

Hi blogger, i must say you have hi quality posts here.
Your page can go viral. You need initial traffic only.
How to get it? Search for; Mertiso’s tips go viral

[Reply]

Tinggalkan Komentar

(required)

(required)