Pesangon Karyawan yang di-PHK karena SP3

Pesangon Karyawan yang di-PHK karna SP3
Jika ada karyawan yang sudah menerima SP1, SP2 sampai SP3 karena sering melakukan kesalahan atau pelanggaran, maka perusahaan biasanya akan memberhentikannya atau tidak melanjutkan kontrak ybs. Tapi bagaimana jika karyawan tersebut statusnya sebagai karyawan tetap? Jika perusahan sekarang ini sudah berencana untuk memberhentikannya dalam waktu dekat, apakah karyawan tsb msh diberikan pesangon?

Karyawan yang telah melakukan kesalahan atau pelanggaran sebagaimana diatur dalam perjanjian kerja, pihak perusahaan dapat melakukan PHK atas karyawan setelah diberikan SP1, SP2 dan SP3 sesuai pasal 161 ayat 1.

“Dalam hal pekerja/buruh melakukan pelanggaran ketentuan yang diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama, pengusaha dapat melakukan pemutusan hubungan kerja, setelah kepada pekerja/buruh yang bersangkutan diberikan surat peringatan pertama, kedua, dan ketiga secara berturut-turut. “

dan secara hukum, karyawan tersebut berhak atas pesangon 1x, penggantian masa kerja 1x, dan penggantian hak, sesuai Pasal 161 ayat 3.

“Pekerja/buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja dengan alasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memperoleh uang pesangon sebesar 1 (satu) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), uang penghargaan masa kerja sebesar 1 (satu) kali ketentuan Pasal 156 ayat (3) dan uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4)”

Bagaimana jika perusahaan keberatan membayar pesangon? simak tulisan saya selanjutnya :)


Suka dengan tulisan saya? Saya akan memberitahu anda jika ada update selanjutnya. Silahkan berlangganan artikel dengan mengisi kolom dibawah ini dan kemudian cek email untuk verifikasi berlangganan, Gratis!!

Enter your email address:


1 Komentar

langkah apa yg hrs di tempuh bl perusahaan lalai dlm membayar uang pesangon….padahal sy sdh meringan kan perusahaan membayar dgn cr di cicil tp perusahaan mlh lalai dlm pembayaran uang pesangon

[Reply]

Tinggalkan Komentar

(required)

(required)