Pengertian, Kegunaan, dan Jenis-Jenis Email

Pengertian, Kegunaan, dan Jenis-Jenis Email
Pengertian email adalah surat elektronik (surel) yang digunakan sebagai salah satu cara kita untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Email sendiri dikenalkan pada publik pada tahun 1993 sebagai pesan digital. Syarat agar bisa berkomunikasi adalah kita harus memiliki alamat email terlebih dahulu dan terhubung dengan jaringan internet.

Kegunaan email untuk komunikasi akan menjadi lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan kirim surat via pos. Penerima email dapat langsung membaca email yang kita kirim saat itu juga. Pengiriman email sama halnya saat kita berkirim surat, kita harus mengisi alamat email, judul email, badan email dll.

Berikut jenis-jenis email:

1. POP Mail

POP Mail adalah salah satu jenis email yang menggunakan layanan Internet Service Provider (ISP). Jika seseorang melakukan pengiriman email ke alamat email kita, maka email tersebut tidak akan dikirim langsung ke komputer. Email tersebut akan disimpan di sebuah server milik ISP. Email dapat kita baca jika kita melakukan download dari server ISP ke komputer kita. Kelebihan pemakaian POP Mail adalah kita tidak perlu terus menerus terhubungan dengan jaringan internet saat membaca email, cukup download sekali, maka email bias dibaca secara offline tanpa jaringan internet. Kekurangan POP mail, kita hanya bisa membaca email tsb melalui komputer yang sudah kita setting sesuai layanan ISP. Biasanya kita menggunakan software pihak ketiga untuk membaca email, seperti outlook, thunderbird, dan sofware email client lainnya.

Layanan POP Mail sendiri dibagi menjadi 2 jenis email:

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol email yang digunakan untuk mengambil email dari server. Protokol POP3 ditujukan agar ada yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerimanya di komputernya.

IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses atau mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan email yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan email tertentu, maupun menghapus pesan email yang ada. Jelas ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali. Dengan IMAP terjadi komunikasi dua arah, sehingga terjadi sinkronisasi data. Berbeda dengan POP yang hanya satu arah, yaitu download saja dari email server ke komputer.

2. WEB Mail

WEB mail adalah salah satu jenis email yang banyak digunakan orang, seperti Gmail, yahoo, hotmail, dll. Email jenis ini biasa diakses melalui website-website penyedia layanan email seperti google dan yahoo. Kebanyakan layanan yang tersedia tidak berbayar atau gratis. Masyarakat bisa memiliki email dengan cara mendaftarkan diri memereka melalui website penyedia layanan. Kelebihan WEB Mail adalah kita bisa bebas membuka email melalui komputer manapun, kita cukup terhubung dengan internet dan membuka email melalui website penyedia layanan. Kekurangan WEB Mail adalah kita harus online secara terus menerus selama membaca dan mengakses email dan tentu akan menambah biaya internet.

3. Proprietary Local Email Systems

Banyak bisnis dan organisasi menggunakan sistem email lokal sebagai alat komunikasi antara karyawan. Sistem ini biasanya hanya digunakan di area dalam kantor, tidak untuk komunikasi dengan pihak luar. Biasanya, pesan yang ditujukan kepada orang lain menggunakan nama pengguna sebenarnya. Karena sistem lokal, alamat email tidak seperti alamat email pada umumnya (seperti: nama@domain). Meskipun, jika sistem terhubung ke Internet, alamat email tersebut juga bisa bekerja secara online).

Demikian penjelasan pengertian, kegunaan, dan jenis-jenis email yang mungkin bisa membantu Anda memahami surat elektronik tersebut.


Suka dengan tulisan saya? Saya akan memberitahu anda jika ada update selanjutnya. Silahkan berlangganan artikel dengan mengisi kolom dibawah ini dan kemudian cek email untuk verifikasi berlangganan, Gratis!!

Enter your email address:

No comments yet.

Tinggalkan Komentar

(required)

(required)